Air Bersih, Sanitasi dan Kebersihan Lingkungan Sebagai Sarana Kesehatan Masyarakat di Pulau Untung Jawa

Penyuluhan tentang Air Bersih, Sanitasi dan Kebersihan Lingkungan Sebagai Sarana Kesehatan Masyrakat sudah di laksanakan di Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu Jakarta Utara. Kelompok sasaran pelaksanaan penyuluhan ini adalah kelompok ibu-ibu yang bertempat tinggal di pulau tersebut. Peran ibu di dalam rumah tangga sangat besar, karena selalu harus menyediakan makanan air minum yang bersih juga menjaga kebersihan lingkungan dan memelihara sanitasi di lingkungan rumah agar tetap bersih.

Selain itu juga mendidik anak untuk selalu menjaga kebersihan dan membudayakan perilaku hidup sehat, membiasakan mencuci tangan pakai sabun. Mencegah kebiasaan boros air dengan membiarkan keran mengalir hingga luber, mengambil segelas penuh air putih lalu baru sedikit ditinggalkan lalu dibuang. Akibat yang ditimbulkan karena keadaan yang kurang bersih adalah penyakit diare dan kecacingan. Oleh karena itu dalam kesempatan tersebut Tim Penyuluh Fakultas Biologi UNAS memberikan pengetahuan dengan penyuluhan tentang air bersih, sanitasi dan kebersihan lingkungan pada ibu-ibu di pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu Jakarta Utara.

Hasil penyuluhan ini diharapkan masyarakat menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat, diantaranya seperti pengelola air minum dan makanan sehat, rutin melakukan perilaku cuci tangan pakai sabun, dan juga tidak mencemari lingkungan dan air dengan buang air besar dan buang sampah di sembarang tempat. (Dr Harini Nurcahya, Dosen Fakultas Biologi UNAS)

 airbersih airbersih2

airbersih3 airbersih4

No Comments