Pelatihan MKM dan Sanitasi Lingkungan di Sebatik

Ternyata masih banyak masyarakat yang percaya pada mitos mengenai mentruasi,  oleh karena itu Jejaring IWWASH bersama Pusat Studi Perempuan dan Anak (PSPA) Universitas  Nasional, dan Pertamina EP Tarakan Field telah mengadakan Pelatihan Manajemen Kesehatan Menstruasi dan Sanitasi Lingkungan di Balai Desa Sungai Limau Kecamatan Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara, 23 Oktober 2018, yang dihadiri oleh 34 peserta dari ibu2 PKK dan masyarakat setempat. Hadir Dr. Nonon Saribanon selaku pembicara dan Eko Yudha Prawira S.Si selaku instruktur.

IMG-20181024-WA0012

Peserta Pelatihan MKM dan Sanitasi Lingkungan di Sebatik, pembicara oleh Dr. Nonon Saribanon

Sebatik adalah sebuah pulau di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Indonesia. Pulau Sebatik terletak di ujung timur Kabupaten Nunukan, yang terbagi dua dengan Sabah, Malaysia. Masyarakat Sebatik yang multietnis ternyata masih menjalankan atau minimal mengetahui adanya mitos-mitos seputar menstruasi, dan bahkan sebagian meyakini hal tersebut. Di dalam buku panduan Manajemen Kesehatan Menstruasi (MKM) yang diterbitkan oleh Unas, IWWASH, dan Global One, sudah terdapat penjelasan ilmiah untuk mitos-mitos tersebut.

Baca juga:

 

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>